Tim Ekspedisi Layar Sabang Merauke Tiba di Makassar

Tim Ekspedisi Layar Sabang Merauke Tiba di Makassar
DEMI pembentukan kader bahari, sekelompok mahasiswa dan pelaut melakukan Ekspedisi Layar Sabang Merauke. Hari ini Jumat (17/2/2012) tim telah tiba di Anjungan Pantai Losari Makassar.

Sebanyak lima awak kapal menambatkan perahunya. Mereka adalah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Ada pula pelaut yang ada dalam rombongan.

"Kami ingin orang Indonesia meningkatkan apresiasi terhadap kebaharian Indonesia. Laut adalah fungsi sebagai pemersatu Indonesia, laut bukanlah pemisah. Ini dapat mengembangkan jiwa bahari nusantara," tutur kapten kapal Effendy Soleman.

Ekspedisi dimulai pada 29 Mei 2011. Mereka berangkat dari Pantai Ancol Jakarta dengan perjalanan dilaksanakan dalam dua etape. Etape pertama, Jakarta, Palembang, Sungai Pakning (Riau), Dumai (Riau), Belawan (Medan), Lhokseumawe (Aceh), Sabang (Aceh), Lhokseumawe (Aceh), Belawan (Medan), Dumai (Riau), Sungai Pakning (Riau), dan Muntok (Bangka Barat).
Jum'at, 17 Februari 2012 - 18:20 wib wib

Etape kedua pada lintasan Pulau Nangka, Toboali (Bangka Selatan), Pulau Pongo (Selat Gaspar), Tanjung Pandan (Belitung), Pangkalan Bun (Kalimantan Barat), Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Pulau Laut (Kalsel), Makassar (Sulsel), Kendari (Sulawesi Tenggara), Banggai (Sulawesi Tengah), Liku/Pulau Mangoli (Maluku Utara), Ternate (Maluku Utara), Raja Ampat (Papua Barat), Fak Fak (Papua Barat), dan Timika (Papua).

Kapal yang digunakan ekspedisi sepanjang 8,9 meter dengaan lebar 1,5 meter. Kapal itu tanpa cadik dengan mesin 12 PK.

Para awak kapal berasal dari Masopala Universitas Sriwijaya, Mapala Universitas Indonesia, Kompas Universitas Sumatera Utara, Mapala Leuser, dan Saka Baahari Jakarta dan Banjarmasin. Mereka bergantian personel di pelabuhan tempat singgah.

"Saya berharap dalam lima tahun ke depan bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa bahari terkuat di Asia Tenggara. Semoga pelajaran bahari bisa masuk dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah di Indonesia," urai Wakil Komandan Lantamal VI Makassar Kolonel Laut Pulung Prambudi yang menerima rombongan.

Tim ekspedisi akan meninggalkan Makassar pada Sabtu, 18 Februari 2012. Perjalanan akan dilanjutkan ke Indonesia bagian timur hingga Merauke.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment