Gelombang Laut

Gelombang Laut merupakan pergerakan naik dan turunnya air dengan arah tegak lurus permukaan air laut yang membentuk lembah dan bukit kurva/grafik sinusoidal.

Bagian-bagian gelombang laut
Crest : merupakan titik tertinggi/puncak sebuah gelombang.
Trough : merupakan titik terendah atau lembah sebuah gelombag.
Wave height : merupakan jarak vertikal antara crest dan trough atau disebut juga tinggi gelombang.
Wave lenght : merupakan jarak berturut-turut antara dua buah crest atau dua buah trough, disebut juga satu panjang gelombang.
Wave period : waktu yg dibutuhkan crest untuk kembali pada titik semula secara berturut-turut, disebut juga periode gelombang.
Wave steepnees : perbandingan dimana panjang gelombang dengan tinggi gelombang, disebut juga kemiringan gelombang.

Tipe Gelombang
Gelombang pembangun pembentuk atau pembangun pantai (Constructive wave).
gelombang pembentuk pantai, bercirikan mempunyai ketinggian kecil dan kecepatan rambatnya sangat rendah. Sehingga saat gelombang trsbt pecah di pantai akan mengangkut sedimen (material pantai). Material pantai akan tertinggal di daerah pantai (deposit) ketika aliran balik dari gelombang pecah meresap ke dalam pasir atau pelan-pelan mengalir kembali ke laut.

Gelombang perusak daerah pantai (Destructive wave).
gelombang perusak pantai biasanya mempunyai ketinggian dan kecepatan rambat yang besar (sangat tinggi). Air yg kembali berputar mempunyai lebih sedikit waktu untuk meresap ke dalam pasir. Disaat gelombang datang kembali menghantam pantai akan ada banyak volume air yang terkumpul dan mengangkut material pantai menuju ke tengah laut atau ke tempat lain.

Pembangkit Gelombang
  1. Angin 
  2. Sea dan swell 
  3. Gerakan Partikel air 
  4. Geometri laut 
  5. Gempa
Tinggi Gelombang & Kecuraman Gelombang
Tinggi gelombang dipengaruhi oleh komponen-komponen gelombang, merupakan perbedaan frekuensi & amplitudo. Dalam teori, jika tinggi dan frekuensi gelombang diketahui, maka sangat memungkinkan untuk memprediksi secara akurat tinggi dan frekuensi gelombang terbesar.
Gelombang pecah adalah suatu sistem yang sangat komplek. Bahkan disaat beberapa jarak sebelum gelombang pecah, bentuknya tdk sinusoidal lagi. Jadi model matematika untuk gelombang seperti ini lebih komplek dari pada yang diasumsikan dalam hal ini. Jika terjadi gelombang pecah, energi yg diterima dari angin, berkurang. Ada beberapa energi dibalikkan kembali kelaut, jumlahnya bergantung pada kemiringan pantai, maka semakin kecil sudut kemiringan pantai, diman semakin kecil energi yg dibalikkan.Kebanyaan energi berkurang sebagai panas dalam percampuran skala kecil dari buih air dan pasir.

Jenis gelombang pecah
Jenis gelombang pecah

Jenis gelombang pecah

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment